Landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu dengan satu atau dua tombol Call-to-Action (CTA), yang umumnya digunakan untuk mengundang pengunjung untuk mendaftar, membeli, atau mengikuti campaign tertentu
Landing page berbeda dengan homepage yang merupakan halaman utama website yang menyediakan informasi umum tentang brand dan produk
Fungsionalitas landing page:
Landing page memiliki beberapa kelebihan, antara lain:
landing page juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:
Landing page adalah cara terbaik untuk mendapatkan traffic serta membangun brand produk Anda dan menghasilkan penjualan. Landing page juga bisa menjadi bagian dari strategi PPC yang efektif. Sekitar 68% bisnis dengan konsep B2B menggunakan landing page untuk menghasilkan konversi di masa mendatang.
Landing page dapat membantu Anda mengarahkan pengunjung ke produk, layanan maupun penawaran khusus sehingga mendorong mereka untuk melakukan tindakan transaksi. Hal ini dapat pula membantu Anda untuk membangun basis pelanggan Anda sendiri.
Melihat penjelasan bahwa landing page sangat penting.
Beberapa di antaranya yang populer adalah Elementor di WordPress, Unbounce, dan Wix.
langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:
1. Definisikan target audience
Sebuah landing page ditujukan untuk tipe konsumen spesifik.
Tipe konsumen atau target audience ini disesuaikan dengan produk yang akan kamu tawarkan dengan landing page tersebut.
Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui orang seperti apa yang akan ditargetkan bisnismu.
Hal ini akan memengaruhi desain, copy, dan pendekatan-pendekatan lainnya di landing page-mu.
2. Tentukan tujuan
Cara selanjutnya untuk membuat landing page adalah menentukan apa tujuan halaman tersebut.
Sebuah landing page biasanya dibuat untuk suatu tujuan spesifik.
Idealnya, hanya ada satu tujuan terfokus dalam landing page-mu.
Contohnya, landing page tersebut ditujukan agar pengunjungnya meninggalkan informasi kontak, sign up, mengisi form, melakukan registrasi, klik download, dan lainnya.
Menawarkan opsi yang minimal ini adalah cara untuk memastikan pengunjung tidak terdistraksi dengan hal lain dan melakukan konversi yang diinginkan.
Dengan begitu, landing page-mu akan bisa efektif mengonversi pengunjung.
3. Isi landing page
Setelah mengetahui apa fokus landing page-mu, langkah selanjutnya adalah mengisi halaman tersebut dengan copy.
Cara terbaik untuk menulis copy untuk landing page adalah menggunakan keyword–keyword yang relevan dan banyak dicari target audience-mu.
Dengan begitu, landing page-mu akan semakin dinilai baik dan mampu membantu konversi terjadi secara optimal.
Jangan lupa gunakan headline yang menarik di bagian atas atau paling awal.
1. Call-to-action yang jelas
Call-to-action (CTA) atau kalimat ajakan yang persuasif penting bagi sebuah landing page.
Pastikan CTA yang kamu buat jelas supaya calon pelanggan tidak kebingungan, ya.
Tempatkan juga CTA landing page di tempat yang tepat, yaitu biasanya pada bagian paling atas laman tersebut agar mudah terlihat.
2. Pembagian konten
Bagian-bagian pada landing page harus terpisah dengan baik agar tidak terlihat padat dan membingungkan.
Pastikan fokus pengunjung tidak akan terganggu dengan adanya konten yang terlalu banyak tanpa bagian-bagian yang terpisah dengan baik.
3. Teks yang rapi
Semakin mudah pengunjung membaca dan memahami isi dari landing page situsmu, kemungkinan sukses pun semakin tinggi.
Gunakan font yang mudah dibaca, perhatikan pula jarak antar huruf dan kalimat.
Kamu pun harus menghindari teks yang terlalu banyak pada landing page.
4. Informasi visual
Teks yang singkat dan mudah dipahami harus disertai dengan gambar atau ilustrasi yang membuatnya terlihat lebih bagus.
Informasi visual juga dapat memperjelas teks di landing page agar lebih mudah dipahami.
5. Warna menarik
Penggunaan warna yang atraktif selain membuat landing page terlihat lebih menarik juga mempermudah orang untuk memahami dan bernavigasi di laman tersebut.
UX landing page akan dinilai lebih bagus apabila menggunakan warna dengan kontras tinggi.
Pengguna akan bisa dengan mudah mengetahui bagian-bagian konten dan menemukan apa yang mereka cari di landing page milikmu.
Kalau sudah memiliki website WordPress dan memutuskan untuk menambahkan landing page ke website Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Kami berdiri sejak tahun 2010 , kami di percayai beberapa perusahaan besar untuk membuat dan maintenance program serta website perusahaan perusahan besar